Senin, 03 Januari 2011

ASAL USUL DESA METATU

Mbetatu jadi Metatu

Kolom Gresik tempoe doeloe kale ne bakal ceritain tentang asal mula desa Metatu. Dah pada tau kan letaknya?! Yupz, jelas ja tau donk, secara letak Metatu kan strategis geto…. Hehehe… ^_^ Kalo belum tahu, cari tahu secara mendalam. Temen sekelasmu juga pasti ada yang dari daerha super indah (lebayyy) tersebut. Cerita ini buat loe-loe pada yang pengen tau n yang gak tahu adja. Untuk yang sudah tahu, tetep dibaca moga-moga punya versi lain dari yang selama ini kalian ketahui seputar sejarah pembentukan nama desa Metatu. Ceilah…resmi banget! Check it….
Okay dech, langsung adja, beribu-ribu atau berabad-abad thun yg lalu sebelum desa ini muncul (kaya’ akar pohon saja), terdapat Gunung Kendeng (gunung yang tidak begitu tinggi atau anak gunung atau bisa disebut bukit). Di dalamnya terdapat alas yg ditumbuhi oleh ratusan pohon yang bernama pohon Mbet (pohon apaan tuh? Penulis juga nggak tahu loh).
Suatu hari ada seorang laki-laki melakukan perjalanan yang melewati Gunung Kendeng tersebut. Perjalanan yang ia tempuh cukup sulit karena di sana banyak bebatuan, dan tanpa disengaja, kaki laki-laki tersebut “tersebet” oleh ranting dari pohon Mbet tersebut, karena tempat tersebut terdapat banyak pohon mbet dan bebatuan, maka orang tersebut memberi nama wilayah itoe Mbetatu. Hingga berdirilah suatu desa di wilayah tersebut dengan nama Desa Mbetatu.
Kok aneh ya? Penulis juga nggak tahu pasti coz cerita itu berkembang secara lisan dan tak ada bukti tertulis. Soal siapa laki-laki tersebut, apakah dia yang mendirikan desa tersebut juga perlu dikaji lebih mendalam lagi.
Ya…. Emang awalnya desa ini bernama Mbetatu yang bisa berarti tersebet akar pohon Mbet tapi karena ilate wong jowo yang nggak suka ngomong model-model alias milih gampange maka orang sekitar desa memanggilnya Desa Metatu.
Owh ea, karena letak dea ini lebih daripada daerah sekitarnya, desa ne ngak pernah banjir loch…and klo seadainya Metatu banjir maka daerah sekitarnya pasti dah jadi seperti lautan…
Lah… maka dari itoe doain biar Metatu gak pernah banjir cz bakalan banyak yang rugi kalian juga. Okey… da cukup cerita kale ne.. sekarang da pada tau semua kan cerita asal mula DEsa Metatu?!
And pesan aq moga kalian semua bias menghargai dan menghormati semua sesepuh qta yang berjasa karena berdirinya desa/ tempat tinggal kita. Karena kalo gag da mereka, nggak tau kan kita bakal tinggal di mana?!
Seeppplaaah… okay terima kasih… moga ketemu ge di edisi berikutnya and see u bye..bye… tha..tha…  (Nick_tatoe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar