Senin, 03 Januari 2011

ASAL USUL DESA NGABETAN - CERME

Ngabetan yang Ingin Berbakti
Assalammu’alaikum sobat AJ…. Met berjumpa laga di kolom Gresik Tempo Doeloe yang khusus berbagi pengetahuan seputar Gresik dan sejarahnya pada masa lampau. Pada edisi XXII ini kami akan mengulas asal-usul Desa Ngabetan Kec. Cerme. Sudah pada tahu tempatnya bukan? Tidak terlalu jauh kok dari skul kita. Pengen tahu cerita selengkapnya? Yuk, Baik kita mulai yaCh...!!!
Ngabetan berasal dari bahasa jawa”Ngabekti Tenanan” atau bahasa Indonesianya “berbakti dengan sungguh-sungguh” yang artinya mengabdi, mengawulo, menghamba, dan mematuhi, tunduk. Maksudnya ngabekti (berbakti) kepada Allah SWT dan orang tua juga nusa dan bangsa (luhur juga ya I’tikadnya!!).Eiy,,,belum selesai loh ceritanya, simak dulu yach lanjutan penjelasan tentang Ngabetan! Yang penting kalau usul nggak boleh asal, kalau asal jangan usul. Lanjut….
Desa Ngabetan memiliki 3 dusun {dusun ngabetan, kejambon, dan sukorejo}. Awal mulanya desa ini tidak memiliki nama. Dalam kondisi demikian, Mbah Ronggo selaku tetua di kampong tersebut yang juga pendiri desa mengutus salah satu putranya menemui Sunan Giri (Syeh Ainul Yaqin) di Kerajaan Giri pada saat itu. Oleh Sunan Giri, desa tersebut dinamai Ngabetan dengan harapan penduduknya menjadi insan yang beriman dan berbakti kepada sang pencipta.
Untuk dusun Kejambon dulu tempatnya diapit oleh Desa Betiting dan Desa Dungus tapi tempatnya rawan akan kejadian perampokan. Warga Kejambon pun minta bantuan ke warga Ngabetan. Akhirnya, Kejambon dipindahkan ke sebelah Desa Ngabetan. Dusun Sukorejo dulunya bernama dusun Mbendung. Nama tersebut berawal dari adanya waduk yang membendung aliran kali tiba-tiba saja jebol. Namun ketika itu ada seorang sakti yang menancapkan sesuatu sehingga tidak terjadi musibah jebolnya waduk Ngabetan. Kini, dusun tersebut diberi nama Sukorejo dengan harapan dapat menjadi sebuah desa/dusun yang penuh dengan kegembiraan. Utamanya hasil panen yang melimpah sehingga masyarakatnya berbahagia.
Pada zaman dahulu Ngabetan terkenal dengan pendidikannya serta dengan bercocok tanamnya. Satu lagi, Ngabetan juga memiliki waduk yang bentuknya seperti gajah tapi tidak diketahui asal-usulnya…
NaCh udah tau kan awal mula Ngabetan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pribadi. Syukur-syukur mulai kini kalian korek-korek info tentang asal-usul tempat kalian tinggal. Siapa tahu bisa dimuat di AJ tercinta ini. So, bye….
Ana_H-Lina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar