Senin, 03 Januari 2011

CERPEN: Origami untuk wIcy

Hari yang indah, hangat sinar mentari menyentuh pelan dibalik embun dan awan pagi. Kicauan burung yang terdengar memberi makan anaknya begitu riang. Merpati putih tiba-tiba hinggap dan menatap senang. Aku mensyukuri nikmatmu y Allah,,.,
“Sy,.,, uda siang, waktunya berangkat sekolah” ujar mama pagi itu
“ia ma,., siesy berangkat, assalamualaikum,.,”
“walaikum salam hati-hati dijalan yach saiank,.,”
Siesy, begitu mama memanggilku. Nama manis yang dihadiahkan Wicy padaku, seorang kekasih yang telah ±2 tahun jalani kisah cinta ini,
Aku dan mama begitu dekat, apapun tentangku beliau tahu, termasuk hal privacy seperti cinta.
***
“siesy,.,,.tumben hari ini pangeranmu gak nganter.??” Sapa Nindy
“ia nind, dia lagi sakit. Nggak enak badan gitu katanya,.,.” jawabku yang tetap khawatir dengan keadaan dia
“kuliahnya libur donk.??? Kan uda mau sidang,.,. giMana.???”lanjut niNdy
“ia,.,., masih 3 hari lagikan,.,. mudah-mudahan dia uda baikan” tuturku
Tit,tit,tit,tit
“selamad pagi saiank,.,.,meud belajar,.,.malam nanty ak k rumah,.,. tunggu ia,.,.,
with love: micy”
Message wicy saat itu, aku terheran, tak seperti biasa dia yang sakit sms seperti ini, biasanya dia hanya tertidur lelap, istirahat untuk kesembuhan penyakitnya.
“meud pagi jujh saiank,., makasih ia,.,., pean uda sembuh.???? Kalo masih sakit di rumah saja,.,.”
“aku uda gak papa kug iank,.,. lg kangend adja,.,., jadi pengen ketemu dech,.,.”
“ia uda,., malam nanti ak tunggu d rumah”
Aku tersenyum senang, ku awali hariku dengan semangat yang tiba-tiba datang ketika dia kirimkan pesan.
***
Ting.,.ting,.,ting,.,
Bel pulang sekolah berbunyi, sorak gembira teman-teman memecah ruangan yang sebelumnya sepi. Semua keluar dengan senyum kegembiraan. Begitu pula denganku tak sabar menanti malam dan kedatangannya didepan mataku, ditaman biasa kita bercerita, bercanda dan membual.
Wicy seorang lelaki yang kukenal ketika tak sengaja bertabrakan didepan wartel sebagai tempat berteduh kami kala hujan. Dia teramat manis, pintar, sopan dan tak ketinggalan rasa saiank yang dia miliki hanya untukku seorang.
Cowok yang suka banget dengan karya seni jepang origami ini selalu dan tak pernah lupa membawakan burung origaminya untukku kala bertemu. Kusimpan hingga terkumpul 971 kurang lebih selama 1,8 tahun
Sepulang dari toko untuk membeli kertas lipat ku persiapkan semuanya, pakaian yang kan ku kenakan, senyum manis untuk menyambutnya, dan tentunya semua kertas yang kubeli tadi. Entah tiba-tiba hati mendorog untuk membuat keinginan belajar seni origami yang sederhana ini dari wicy.
***
19.15 WIB
Biasanya jam segini dia uda nyampe rumah, pie kug belum dating juga ia.???
Mudah-mudahan dia baik-baik saja
Ting. Tong,.,ting.tong,.,
Bel rumah ku dengar dari dalam. Tanpa ada perintah aku berlari membuka pagar rumah
“wicy,.,.,.,.I mIss you honey,.,.,”teriakku dalam hati
Seorang Pengendara motor ninja 280 R itu membuka kaca helm pUtihnya, tersenyum dan tiba-tiba mencium pipi kiriku, kemudian berlalu memasukkan motornya dalam garasi
Aku berjalan menghampirinya yang duduk di kursi teras rumah
“kertas lipat.???? Untuk apa iank.???” Begitu ia melihat semua kertas yang kubeli
“aku mau belajar buat burung origami iank. Kata orang 1000 burung origami dapat mengabulkan 1 permintaan kita. Dari 971 yang terkumpul, masih butuh 29 lagi untuk menggenapinya saiank,.,.,kebetulan sama persiskan dengan hari jadi kita 29 september.,.,”
Dengan sabar wicy mengajarkannya padaku, sekali dua kali dia terbatuk dan meninggalkan aku ke kamar mandi. Aku kira semuanya baik-baik saja dan aka tetap baik.
“saiank uda bisa.??? Aku pulang dulu ia,.,. uda malam, saiank ceped bobog. Selalu tersenyum ia saiank buat aku,.,.,”ujar wicy sembari berpamitan padaku. “ia saiank,.,. hati-hati di jalan”ucapku
***
Minggu, 29 september 2010
06.00 WIB
“selamat pagi saiank,.,. selamat hari jadi jadi ke-2 yach,.,, terimakasih untuk semuanya,.,, I love you saiank,.,, with love Siesy”
Sesaat setelah kukirimkan pesan,.,.,,
“sampai mati kisah ini kan kujaga hingga berakhir nafasku bukti cintaku untukmu,.,”dering HpE.ku berbunyi, 1 lagu dari putih menjadi lagu favorit kami, dering itu menandakan Wicy,.,.,
“hallo assalamualaikum”
“waalaikum salam,.,.ini siesy.???”
“tante ia,??? Ia ini siesy,.,. ada apa tante.??? Wicy dimana.???
“siesy maafkan wicy, maafkan tante juga, dia telah pergi sie,.,., meninggalkan tante dan kamu,.,”
“tante,.,.,.,.,.”suaraku lirih
“wicy meninggal sie,.,.,. dia menderita kanker paru-paru selama ini. Wicy sengaja menyembunyikan karena dia nggak mau melihat kamu bersedih, kamu datang ia sie,.,.,”
Bragg!!!! handpHone.ku terjatuh.
Aku berlari dan pergi kerumah wicy. Mataku perih. Hati ini teriris sepi, wicy yang kusaiank.i telah tinggalkan aku yang kini sendiri. Air mataku tak berhenti mengalir, bibir manisku tak tersenyum hari ini.
Melihat jenazah wicy tante menghampiriku, memberi sebuah buku bersampul biru, didepannya terlihat fotoku dengan wicy kala itu. Semua isinya tentangku,.,., dan tentangnya dalam buku itu.
“siesy maafkan aku yang tak lagi bisa temanimu. Maafkan aku yang tak lagi bisa membawa origami untukmu.
Tetaplah tersenyun sie,.,., aku ingin melihatmu tersenyum. Dari 1000 origami itu biarkan aku meminta pada tuhan,.,. meminta agar kau tetap tersenyum buatku. Meski perih karena ku tak lagi bersamamu. Ingatlah kasihku,.,. aku ada disampingmu, selalu ada dan akan tetap ada bersamamu, seperti bintang yang terkadang tak terlihat tapi ada dan selalu ada terangi malammu.
Always love you. wicy”
Aku kembali menangis, lebih deras dari sebelumnya kupeluk dan kucium jasadnya. Kutatap susunan origami yang ada disebelahnya. Kembali kuingat kenangan indah bersamanya.
Wicy,.,.aku menyayangimu dan selamanya mencintaimu. Takkan pudar meski ditelan waktu,.,. I miss you..,.,
“cinta sulit dipisahkan dalam kehidupan. Bahkan kehidupan tanpa cinta bukanlah kehidupan. Cinta adalah nafas kehidupan. Tanpa nafas yang ada hanya kematian. Cinta mendatangi manusia dengan caranya sendiri, sedangan umur menerjemahkan cinta dengan ejaannya sendiri” By : nana persie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar