Senin, 03 Januari 2011

profil PT KML

BERAWAL DARI TERI MENJADI KAKAP
Hai AJ lovers......kali ini aQ akan berbagi cerita plus inspirasi buat kalian semua. Cerita ini aQ dapatkan pada waktu aQ ditugaskan oleh BKK untuk melakukan PI (Praktek Industri) di PT.KELOLA MINA LAUT (KML). Langsung masuk adjah dech keceritanya. Disimak ya....
Awal kisah di ceritakan seorang ir.mohammad najikh yaitu seorang yang sudah berhasil menjadi pengusaha yang begitu sukses. Kalo belum kenal, kenalan dulu dech sama bpk yang satu ini. Benar sekali bpk yang satu ini adalah seorang pendiri PT. Kelola Mina Laut (KML) yang bergerak dalam bidang industri pengolahan hasil perikanan laut (Seafood Industry). pada awalnya bpk najikh ini berasal dari keluarga yang sederhana lo,namun beliau adalah seorang anak yang pinter n cerdas, beliau juga mempunyai tekad n keyakinan seperti pribahasa “banyak jalan untuk menuju roma” bahwa apapun cita-cita yang diinginkan pasti ada jalan ntuk mencapainya. Setuju khan dengan prinsip bpk najikh. Beliau terus berusaha n pantang menyerah.
Dengan bergulirnya waktu alhasil beliau dapat mendirikan sebuah pabrik. Pada tahun 1994 beliau mendirikan KELOLA MINA LAUT (KML) di Tuban, kemudian berkembang di Gresik di Jl. KIG Raya Selatan kav. C-5, Kawasan Industri Gresik, Gresik, Jawa Timur dengan luas area 30.000 m2. Awalnya hanya belasan pekerja , kini PT. Kelola Mina Laut mempunyai kurang lebih 7.425 orang pekerja yang terdiri dari lulusan universitas ternama di Indonesia seperti IPB, UGM, UI, ITS, UNDIP, UNIBRAW dan UNAIR.
PT kelola mina laut banyak sekali memproduksi berbagai olahan hasil laut,di antaranya:
1. PENGOLAHAN TERI NASI
Unit Pengolahan Teri nasi mengolah ikan teri nasi mentah menjadi ikan teri nasi masak berupa dried seafood product. capasitas produksi unit terinasi ini mencapai kurang lebih 1000 ton perbulan .
2. PENGOLAHAN IKAN & CHEPALOPOD
Unit pengolahan ikan mengolah berbagai jenis ikan beku seperti kakap merah, layur, jaket, kerang, cumi, gurita dan ikan-ikan laut berdaging putih. Produk beku hasil olahan terdiri dari ikan utuh (whole), fillet (daging sayatan tanpa duri/tulang), steak, dan lain-lain diproduksi menurut permintaan pembeli .Produk inicapasitas produksinya mencapai puluhan ton perhari di beberapa propinsi. Seperti :sulsel,sulteng,jatim dan beberapa propinsi lainnya.
3. PENGOLAHAN UDANG
Unit Pengolahan Udang mengolah berbagai jenis udang seperti udang windu (pennaeus monodon), udang vannamei (litopennaeus vannamei), udang putih (pennaeus indicus) dan berbagai jenis lainnya. Produk yang dihasilkan antara lain udang beku satuan (individually Quick Frozen), udang beku dalam bentuk blok, udang beku skewer, dsb .
4. PASTEURISASI RAJUNGAN
Unit Pengolahan Rajungan mengolah daging rajungan masak menjadi daging rajungan dalam kaleng melalui proses pasteurisasi.
5. PRODUK VALUE ADDED
Unit ini mengelola Berbagai jenis olahan seafood dalam bentuk value added seperti tempura, filo pastry, nugget, dsb .
6. PRODUK BAKSO SEAFOOD
pada produk iniberbagai ikan di olah menjadi bakso.
Dan yang terakhir adalah 7. PRODUK SURIMI
Karena kerja keras dan kegigihan bpk Najikh, PT.KELOLA MINA LAUT juga banyak mendapat penghargaan dan sertifikat, diantaranya: (1) HACCP Certified (2) ISO 22000 SAI Certified (3) BRC Certified (4) ACC Certified, penghargaan International Award For Best Peformance 2002 dari Council Of International Award United Kingdom. (5) Untuk domestic mendapat The Best Intrepreneur Award tahun 2003 . (6) eksportir terbaik Jawa Timur tahun 2002. (7) Primaniyarta Award (eksportir terbaik Indonesia) dari Presiden Republik Indonesia tahun 2001 dan 2005.
Pemasaran produk2nya bukan hanya di dalam negeri adja. Melainkan 97,5% produk2nya diekspor ke manca negara,sedangkan 2,5% produknya di jual dalam negeri sendiri. Negara – negara yang diekspor mencapai 30 negara lho...spt: USA, Europe, Japan, Canada, Russia, Singapura, China, Korea, Australia, Taiwan, Afrika, New Zealand, Middle East and South East Asia, dll.banyak bgt khan.....pasar dalam negeri sendiri juga tak boleh kala donk diantaranya yaitu di kota – kota besar, spt: Surabaya, Semarang, Jakarta, Medan, Makasar Bandung, Bogor, Tanggerang, Cirebon, Yogyakarta, Ponorogo, Malang, Jember, Batam, Lampung, Pekan Baru, Padang, Palembang,dll. Wah,hebat khan.
Berawal dari teri hingga menjadi kakap.yupz...mungkin itulah yang pantas menjadi sebuah pribahasa yang manis untuk kisah bpk najikh. Ada yang tau gag artinya?????berawal dari keluarga yang hidupnya penuh dengan kesederhanaan (bagaikan teri)yang awalnya beliau tak di kenal masyarakat luas, dan sekarang beliau menjadi seorang yang di kenal banyak orang dan bahkan bermanfaat bagi masyarakat luas,masyarakat gresik khususnya(bagaikan kakap).
Gimana?????? terinspirasi khan dgn cerita bpk najikh, dan tmen2 pasti mau khan jadi pengusaha sukses seperti bpk najikh. O mangkannya belajar yang rajin,tidak mudah menyerah,terus berusaha n berdo’a. SEMANGAT!!!!!!
By:cic@bby

1 komentar:

  1. Nice info gan
    Doakan ane bisa masuk jadi salah satu karyawan di KML :)

    BalasHapus