Selasa, 15 Desember 2009

Profil kec. di Gresik

KECAMATAN “GARAM”

Hy AJ lovers, , , Salam manis mengawali perjumpaan kita di rubrik ini. Manyar, yapz, , pada edisi kali ini, kita akan sedikit menyibak asal muasal kecamatan manyar. Semua tentunya sudah tahu donk letak kecamatan manyar, ya, benar, manyar termasuk kecamatan kota di kabupaten Gresik, tahu donk kecamatan kota?? Kecamatan kota maksudnya kecamatan yang terletak didaerah sekitar kota. Ada yang tahu tidak bagaimana cerita berdirinya kecamatan manyar?? Simak nih hasil penelusuran tim AJ. Uckey!!

Kata orang jawa, Manyar adalah singkatan dari Omah Anyar atau Rumah Baru, ada yang tahu maksudnya nggak??

Jadi gini guys ceritanya, Kecamatan manyar pada mulanya berupa lautan yang cukup luas, yang dikenal dengan sebutan pantai Hindia Belanda, (wuiht, , keren!!) yang ternyata juga merupakan tempat bersandarnya kapal – kapal perdagangan dari Negara arab dan berbagai Negara lain di dunia (wah, asyik ya.!! Tapi skarang kok nggak?!?!?) Lambat laun, permukaan air laut di tempat itu pun beranjak ke arah bagian utara, seiring berjalannya waktu, akhirnya, tempat yang semulanya berupa lautan luas itu pun berubah menjadi daratan yang dapat digunakan untuk tempat pemukiman warga dan berbagai perusahaan inidustri. Itu lah sebabnya di beri nama Manyar yang mempunyai arti Omah Anyar (Rumah Baru). Selain itu manyar juga tempat dari penghasil garam terbesar di gresik yang luasnya sekitar 500 Ha yang dikelola oleh PT. Garam. (Wuicht, , fantastic!! Bayangin bisa dipake’ masak berapa tahun?) Kini, lahan tersebut luasnya hanya 200 Ha. Ehm, , yang 300 Ha kemana yah??? Yapz, really, 300 Ha saat ini sudah menjadi lahan milik PT. Maspion, , Hikz, , Hikz, , Hikz!!

Kecamatan manyar terdiri atas 23 kelurahan, dimulai dari desa Tebalo sampai desa Morobakung, yang luas keseluruhan mencapai 9.542.490 Ha. Sedangkan jumlah penduduk kecamatan Manyar saat ini diperkirakan mencapai ± 93.103 orang.

Desa manyar (ibukota kecamatan,red) terbagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu, Manyar Sidorukun, Manyar Rejo, dan Manyar Sidomukti. Ada yang tahu g’ siapa camat kecamatan manyar yang menjabat pada orde lama? He’em, Bapak Raden Sujono merupakan camat Manyar yang menjabat pada orde lama (1965), kemudian raden Soetomo, sai’un, Suroso dan Raden sutoyo yang hanya menjabat 8 bulan (dikarenakan meninggal dunia), dan saat ini yang menjadi camat Manyar adalah Bpk. Andhy Hendrowijaya S.sos.

Nacht, rubrik sudut kota Gresik ini turut mencerdaskan anak bangsa kan!! ^_~ Tunggu saja hasil ulasan untuk daerah-daerah lain. Oke, AJ lovers, sekian hasil penelusuran kami di sudut kota gresik. nggak nyangka nih, para team AJ kelas XII udah mau diangkat dari Oven, log out, normal close alias mau cabut dari penugasan AJ mania, , (Hikz, , hikz, , ,Hikz,!! Sedih banget nih rasanya) Buat semuanya, , doain kita lulus 100% yah!! Uckey!!

By : Loe_Yoe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar