Rabu, 03 Maret 2010

artikel cak mat

Buku Wajah (baca Facebook ) ? Okelah Kalau Begitu !
By : Cak Mat

Masih ingatkah Anda dengan Febri Arie Iriani alias Arie Power dan Marietta Nova Trianie alias Nova, dua sejoli yang berkenalan lewat facebook sehingga kisah asmara dua sejoli ini menjadi sorotan di media cetak atau media masa. Yang akhirnya Arie Power masuk hotel prodeo. Waduh berarti facebook itu tidak baik terutama untuk pelajar. Berarti betul para ulama di Jawa Timur yang ingin memfatwakan bahwa Facebook itu haram.
Bagaimana kita harus menyikapinya ? Sebelum bersikap, lebih baik kita tahu facebook itu apa dan bagaimana ?
Facebook merupakan sebuah sarana sosial yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih effisien dengan teman lama, teman sekolah, keluarga jauh dan teman kerja lama. Perusahaan ini mengembangkan teknologi yang memudahkan dalam sharing informasi melewati social graph, digital mapping kehidupan real hubungan sosial manusia. Siapun boleh mendaftar di Facebook dan berinteraksi dengan orang-orang yang mereka kenal dalam lingkungan saling percaya.
Sampai detik ini banyak orang kenal apa yang disebut facebook, dari tukang kebun sampai direktur, dari sabang sampai merauke, dari amerika sampai afrika, dari SD sampai S3. Dengan dilengkapi foto dan profil masing-masing semakin lengkap untuk berinteraksi baik dalam urusan belajar, cari teman, konsultasi tugas sekolah sampai..... banyak deh.
Memang Pengaruh Facebook dalam kehidupan sosial sangat besar, di facebook merupakan ajang interaksi suntuk mengenal teman barunya, atau saudara yang lama tak ketemu.
Apa sih sisi positifnya facebook ?
1. Mempererat silaturahmi
Didalam Agama Islam mempererat silaturahmi sangat dianjurkan, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang , famili yang berada nun jauh disana hemat biaya dan hemat waktu, atau dengan orang yang pernah kita kenal di masa lalu, teman SD misalnya.

2. Mengetahui potensi diri
Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang kita kemampuan kita misal Tes IQ, Tes Matemaika dan lai lain. Namun, kita juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur - unsur ramalan, dan sudah tentu anda paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah ta'ala

3. Media promosi
Bila kita belajar sambil bekerja dirumah kita bisa lho mempromosikan usah kita dengan gratis di sini ,entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pilkada gresik nanti , cabup bisa juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya. Lumayan kan gratis....

4. Sarana diskusi
Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup. Misalnya di sekolah ada namanya grup pendingin atau yang lainya. Hal ini bisa kita gunakan untuk kerja kelompok dunia maya. Apalagi kalau gurunya ikut bergabung sebagai nara sumber enakkan ?
Tapi ada juga lho sisi negatifnya, ini diantaranya
1. Mengurangi kinerja
Ada lho karyawan perusahaan, kantor, guru, siswa yang bermain facebook pada saat sedang bekerja. selain mengurangi waktu kerja juga menghambat pekerjaan, karena bandwitch yang harusnya untuk pekerjaan kantor malah untk fb-an. Sebenarnya bisa dikurangi akibatnya jika kita bisa memanage waktu yaitu bermain facebook ketika istirahat. Seperti di Pemkot Surabaya situs fb baru boleh diakses setelah jam 15.00. Di SMK Negeri 1 Cerme juga begitu alhamdulillah PBM gak tegangu FB hehehe.....
2. Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
Ada sebuah riset di inggris menunjukan bahwa orang tua semakin sedikit waktunya dengan anak-anak mereka karena berbagai alasan. Salah satunya karena Facebook. Bisa terjadi sang suami sedang menulis wall, si istri sedang membuat koment di foto sementara anaknya diurusi pembantu. Kalau di Indonesia tidak kan ?
3. Tergantikannya kehidupan sosial
Facebook sangat nyaman sekali. Saking nyamannya sebagian orang merasa cukup dengan berinteraksi lewat facebook sehingga mengurangi frekuensi ketemu muka. Ada sebuah hal yang hilang dari interaksi seperti ini. Bertemu muka sangat lain dan tidak seharusnya digantikan dengan bertemu di dunia maya wah kalo begini sinoman di desa bisa-bisa di ganti sinomanfacebook.com
4. Batasan ranah pribadi dan sosial yang menjadi kabur
Dalam Facebook kita bebas menuliskan apa saja, sering kali tanpa sadar kita menuliskan hal yang seharusnya tidak disampaikan ke lingkup sosial. Persoalan rumah tangga seseorang tanpa sadar bisa diketahui orang lain dengan hanya memperhatikan status dari orang tersebut.
5. Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
Seringkali pengguna Facebook tidak menyadari beberapa data penting yang tidak semestinya ditampilkan secara terbuka. Seperti sudah dijelaskan dalam artikel tentang keamanan facebook, default dari info kita seharusnya tertutup dan tidak tertampil. Kalau memang ada yang perlu baru dibuka satu per satu sesuai kebutuhan.
6. Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
Walupun telah diatur dalam peraturan penggunaan Facebook, tetap saja ada pihak yang memanfaatkan facebook untuk kegiatan negatif melalui group ataupun pages.
7. Kesalahpahaman
Facebook merupakan jaringan sosial yang sifatnya terbuka antara user dan teman-temannya. Seperti kehidupan nyata gosip atau informasi miring dengan cepat juga dapat berkembang di jaringan ini. Ada siswa salah satu SMP di Gresik yang berinteraksi saling ejek di facebook, akhirnya berkelahi betulan dikelas pada esokharinya. Haruslah disadari menulis di status, di wall dan komentar diberbagai aplikasi adalah sama saja seperti obrolan pada kehidupan nyata bahkan efeknya mungkin lebih parah karena bahasa tulisan terkadang menimbulkan salah tafsir.
8. Mempengaruhi kesehatan (masih perdebatan)
Artikel di media inggris menyebutkan Facebook dapat meningkatkan stroke dan penyakit lainnya. Alasan yang dikemukakan menurut saya masih perlu dikaji lagi. Kalau menurut pendapat saya bukan karena facebooknya tetapi karena kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer.
9. Penipuan
Seperti media online lainnya, Facebook juga rentan dimanfaatkan untuk tujuan penipuan. Kita tidak akan tahu sebenarnya siapa dibalik account facebook. Orang dengan mudah membuat account baru untuk keperluan yang tidak baik. Ada yang menggunakan modus berkenalan dan akhirnya menjadi akrab di dunia maya yang ternyata ujung-ujungnya digunakan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal lainnya.
Akhirnya kita semua harus dapat memilah-milah mana yang positif dan mana yang negatif dalam menggunakan internet umumnya dan khususnya Facebook, Kita perlu selalu saling menasehati di antara kita, keluarga kita dan rekan-rekan kita bahwa facebook dan sejenisnya itu adalah sesuatu yang semestinya menjadi alat kita taat kepada Allah bukan sebaliknya menjadi penyebab Allah murka kepada kita… Wallahualam bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar