Rabu, 03 Maret 2010

asal usul desa morowudi

Asal - usul Morowudi
Hey………….. sobat-sobat setia AJ.salam hangat mengawali perjumpaan kita pada kolom Gresik Tempo Doeloe ini. Saya akan mengulas asal – usul Morowudi (kalo asal jangan usul, kalo usul nggak boleh asal). Sobat semua pada tahukan letak Morowudi itu di mana ? yups, betul banget Morowudi terletak berdekatan dengan Kec. Cerme (±4 km arah selatan).
Morowudi berasal dari kata “ MORO “ (Datang) sedangkan kata “ WUDI “ yang dulu dikenal dengan kata “ Ngudi “ bisa diartikan ( Mencari ). Maksudnya? Eits, tunggu dulu aku belum selesai cerita! Jadi gini ceritanya sobat AJ.
Pada zaman dahuluuu…… banget! sebelum indonesia merdeka n vang pasti kita –kita pada belom lahir didunia. Ada suatu daerah akan dijajah oleh Belanda. Kedatangan mereka vamg pasti ingin merebut daerah dari gengaman kita n juga untuk mencari kedudukan di daerah ini. Pada waktu itu daerah ini masih belum banyak penduduknya (sekitar 10-15 rumah doang. Dikit banget ya..), dengan kedatangan penjajah ke daerah ini, para penduduk merasa ketakutan dan akhirnya mereka semua mengungsi ke daerah barat yaitu Mantup, Lamongan, Metatu, dan sekitarnya. Untuk merebut daerah ini penjajah menjadikan Moro sebagai markas besar mereka dan sekarang markas itu menjadi sekolah “ Muhammadiyah “. Untuk melancarkan aksinya penjajah menjadikan salah satu penduduk daerah ini untuk menjadi lurah dari Belanda. Tapi lurah Belanda ( Pak Tasmo ) tak sepenuhnya berpihak pada Kompeni, tapi juga berpihak pada daerah ini, apa yang direncanakan pasti Pak Tasmo memberi tahu rencana tersebut kepada para penduduk dan tentara yang membantu penduduk daerah ini untuk mengusir Belanda.
NICA menjajah daerah ini mulai dari bagian Timur ke Barat tapi ditengah perjalanan, penjajah dikepung oleh sekelompok tentara dan pasukan para ulama “ Qisbulwaton” dari daerah Mojokerto, Pasuruan ,dan sekitarnya. (yang sekarang daerah itu bernama Dsn..Ngepung). Melihat kalo mereka telah dikepung, penjajah tidak melanjutkan ke daerah bagian Barat melainkan kembali lagi ke daerah bagian Timur dan al hasil di daerah bagian Timur juga sudah di kepung, akhirnya penjajah tidak bisa berkutik lagi alias berdiam diri di daerah tersebut. (sekarang disebut Dsn. Tandegan). Kemudian penjajah berpikir atau bersiasat bagaimana caranva untuk keluar dari daerah ini dan penjajah menemukan sebuah daerah yang sangat terpencil, akhirnya mereka melarikan diri dengan lari terbirit-birit. (sekarang disebut Dsn Ngebret )
Jadi,kata “ MORO ” itu berasal dari kedatangan penjajah, sedangkan kata “ WUDI “ itu diartikan Belanda mencari kedudukan. Morowudi terdiri atas 5 Dusun diantaranya yaitu Morowudi Wetan (terletak di bagian Barat ), Morowudi kulon (terletak di bagian Timur), Ngepung, Tandegan, dan Ngebret.
Nach sobat setia AJ lovers itulah sekelumit cerita asal usul Morowudi dari saya. Sekian dan trima kasih .Bey…………bey……….
By:Phier_dha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar