Sabtu, 29 Mei 2010

Persaingan Dunia Maya


            Dunia maya sekarang telah dipenuhi oleh berbagai layanan jejaring sosial. Bahkan mereka pemilik situs jejaring sosial tidak mau mengalah dengan yang lain sehingga mereka saling menjelekkan dan merobohkan satu sama lain. Persaingannya pun begitu ketat. Selisih sedikit saja akan mengakibatkan tertinggalnya jejaring sosial tersebut. Kita akan menyimak tentang kelebihan dan kekurangan dari jejaring sosial friendster, facebook, dan juga twitter. 
Friendster. Sejarah singkat tentang Friendster. Friendster lahir pada tahun 2002. Pembuatnya adalah Jonathan Abrams. Pada awalnya, friendster bernama nepster, tapi terus diganti menjadi friendster. Mulai tahun 2005 friendster telah memiliki fitur blog (yang sekarang telah mengadopsi wordpress).

Kelebihan friendster:
1.    Digunakan untuk mencari teman, baik teman sekolah,kuliah,teman masa lalu,sekarang,temannya teman kita, bahkan ada yang mencari jodoh di sini.hehe..
2.    Dapat men-share foto kita, publikasi profil ke orang lain, dan sebaliknya.
3.    Dengan menu search, dapat mencari anggota Friendster lain, baik menurut nama, alamat, sekolah, organisasi, perusahaan atau afiliasinya dari seluruh dunia (dengan catatan si pengguna sudah terdaftar terlebih dahulu).
4.    Dapat berkirim testimonial berupa komentar, ucapan selamat, dan gambar.
5.    Dapat berkirim message seperti message dalam email.

beberapa kekurangan friendster
1.    fitur yang sangat terbatas, yang hanya itu-itu saja dan terfokus pada post bulletin.
2.    Banyak account palsu dengan tujuan meng-hack, iklan dan spam.
3.  Sudah terlalu sering dibobol hacker.

Facebook. Hampir sama dengan friendster yang merupakan jejaring sosial untuk mencari teman, berkirim pesan, menyimpan foto, dan sebagainya. Facebook merupakan sebuah website yang berbasis jaringan sosial, yang dibentuk oleh Mark Elliot Zuckenberg (14 Mei 1984), pada tanggal 4 Februari 2004, facebook memiliki library API (application programming interface) sehingga memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi mini atau widget yang nantinya bisa dipasang atau digunakan di Facebook itu sendiri. Berbeda dengan friendster yang membutuhkan waktu yang amat lama untuk mengeluarkan suatu fitur baru, library API ini memungkinkan para developer untuk berkreasi sehingga secara tidak langsung membuat Facebook makin populer.

Kelebihan facebook:
  1. Menantang!!!hehehe
  2. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
  3. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
  4. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
  5. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam.
  6. Bisa mengetahui mana yang namanya si A,si B,dst dengan catatan si A,si B,dst sudah terdaftar di facebook. (bahkan bentuk muka masih culun aja ketauan.)
  7. Pencarian teman yang lebih efisien dan cepat.
  8. Banyak aplikasi yang menarik untuk diikuti, baik game, memelihara profile (ato hewan kyk tamagochi), hingga aplikasi kesetiaan. ceileh!!!
  9. saya belum pernah denger kata2 “anjrit!!!facebookku dihack!!!” ^^
Kekurangan facebook:
1.    Jelas, masih awam untuk orang indonesia. dan bahkan terlihat eksklusif,(kalau arek SMKN1Ce so pasti tau) masih dikit gituloh orang indonesia yang ikut.
2.    Kalo belum terbiasa akan sangat bingung dengan facebook,karena banyaknya aplikasi yang bisa dimainkan.
3.  Terkandang aplikasi yang terlalu banyak itu membuat sebel juga karena sering ada ajakan dari teman untuk mengikutinya
4.  Setiap aktivitas mesti dikirim report-nya ke email (wuih, bisa penuh inbox email kita)
5.  Bisa disalahgunakan untuk kejahatan karena kemudahan dalam berkomunikasi yang terkadang dipenuhi kepalsuan (ingat kasus Arie Power – Nova).

Selanjutnya about twitter, twitter’er! CUkup banyak keunggulan jejaring sosial yang digemari kalangan artis ini. Mulai dari jumlah karakternya, penggunaannya sampai- sampai sebagai ladang meraih dollar. Meski facebook di indonesia lebih dominan, namun twitter juga bisa diandalkan. Penasaran ?Twitter merupakan salah satu layanan jejaring sosial yaitu sebuah layanan microblogging yang anggotanya dapat mengirimkan pesan singkat terbatas hanya sampai 140 karakter.
            Kelebihan twitter
1.      Mudah dinavigasi dan memperbarui
2.      Jangkauan lebih luas (tidak hanya antar teman)
3.      Satu feed untuk semua (asal tidak diblokir)
4.      Tidak harus log in untuk update, cukup gunakan aplikasi RSS reader
5.      Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
6.      Terus mengembangkan aplikasi seperti Twitterific, Summize, dll.
7.      Pesan teks SMS berpotensi memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
Kelemahan :
1.                    kemampuan terbatas (140 karakter per-update)
2.                    lebih menekankan pada penghitungan follower
3.                    kadang terlalu sok privasi sehingga asal cuap (ingat kasus Luna Maya)
4.                    Mudah disalahgunakan untuk spam

Well, semua sudah dijelasin semua. Tapi, menurut kita, jejaring sosial itu pada dasarnya punya I’tikad baik (asal digunakan untuk hal-hal positif). Selamat mencoba….
                                                                                                                        Z-enal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar