Selasa, 21 September 2010

Heroiknya Kemenangan Greszer FC

Vini, vidi, vici. Itulah kesan yang tercermin dari fenomena tim Futsal SMKN 1 Cerme dari kalangan guru. Datang sebagai tim yang tak diunggulkan alias underdog. Tampil dengan tim yang baru terbentuk 1 bulan, namun prestasi ada di genggaman. Mau tau cerita selanjutnya? Yuk, ikuti jejak emas yang ditorehkan Pak Edy, dkk. Diajang PKPRI Gresik Cup (kejuaraan antar koperasi pegawai negeri di lingkup Gresik).
Semua berawal dari informasi pihak koperasi sekolah atau yang ngetren dengan istilah koperasi Bina Mandiri SMK bahwa akan ada turnamen futsal di KPRI cabang Gresik. Dengan motor guru olahraga sekaliber Pak Rejo dan Pak Rofiq, kami (tim futsal) menyanggupi dan yakin jadi jawara (wuih, sombong bangetz…). Secara resmi kami pun mendaftarkan diri.
Dua hari jelang “Piala Dunia” bapak-bapak ini digelar. Tim kami ikut technical meeting dengan berita lumayan heboh (seheboh kasus selebriti). Yang boleh ikut adalah anggota koperasi yang berumur minimal 40 tahun. Jadilah kami kelimpungan. Bagaimana tidak, mayoritas tim futsal SMKN1Ce (Greszer FC) adalah bibit muda. Namun apapun itu, kami pun vini (tetap datang) dan turut ambil bagian pada even yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-50 ini.
Tibalah hari yang dinanti. Tim futsal Bina Mandiri datang dengan bekal skuad multigeografi: Pak Edy Sartono (sby), Pak Syamsul (kec. Gresik), Pak Fuad (krian), Pak Rejo (BP), Pak Rofiq (Cerme), Pak Kholiq (Lamongan), Pak Amat (kebomas), dan lainnya. Tepat pukul 13.30 tanggal 3 Juni 2010, babak penyisihan pun digelar. Dengan Mr.Edy Sartono sebagai kapten, bertempat di lapangan 2 Ramayana futsal, Greszer FC (nama tim futsal SMK kita) sukses menghajar Dwi Jaya FC (koperasi asal Sidayu) dengan skor telak 14 – 2. Luar biasa! Lelah dan sumringah bercampur jadi satu.
Hari kedua, dengan semangat 45 segenap kru Greszer FC bersiap diri. Kali ini fase 4 besar grup A siap digelar. Bertanding di jam pertama tak lantas membuat ciut nyali kami. Apalagi, lawan yang dihadapi berpenampilan supergempal yakni Giri Samudra (koperasi Perkapalan). Untuk babak ini, cukup sulit dilalui bahkan sang kapten, pak Edy, mengalami cedera ringan hingga musti diganti. Namun, dengan permainan tika-tiki ala Spanyol plus ketangguhan palang pintu milik Pak Rejo, Greszer FC menang dengan skor 4 – 1. Bravo! Partai final Grup A pun dijejaki. Untuk fase ini lumayan mudah karena KPRI kota Gresik dihempaskan dengan skor 7 -3. Final grup pun sudah kami tapaki. Hari yang melelahkan namun penuh dengan momen indah.
Hari ketiga, time to real battle. Inilah perang sesungguhnya. Tiga tim dinyatakan lolos ke babak final. Dengan sistem setengah kompetisi, setiap tim saling berhadapan. Final 1, Greszer FC menghadapi Koperasi DEPAG. Bermaterikan tim yang sudah kompak luar dalam, lewat kreator serangan sekelas Pak Fuad dan Pak Rofiq kami pun dengan sangat meyakinkan melumat habis tim tersebut dengan skor 8 – 1. Rasa cemas bergelayut karena Final 2, tim koperasi DEPAG dihajar finalis lainnya 9 – 1. Artinya, kami kalah selisih gol dan wajib menang di final ketiga. Lawan kali ini bukan tim sembarangan. Mereka adalah Ayah atau saudara tua SMK yakni UPTD Cerme. Meski kedua tim sudah saling kenal, bahkan ada pula yang bertalian guru – murid semasa dulu, tapi permainan begitu keras dan cenderung kasar. Tekling-tekling maut, trik-trik ala Spanyol vs Belanda tercipta bahkan satu pemain UPTD Cerme dikartu merah. Babak pertama skor sama kuat 1 – 1. Detik demi detik kian menegangkan manakala Greszer FC yang unggul 4 – 3 terus ditekan. Beruntung, Pak Amat sebagai kiper utama mampu menghalau setiap peluang lawan. Skor pun tak berubah dan Greszer FC SMKN 1 Cerme berpesta.
Kami datang (vini) dengan keyakinan dan semangat, Kami bertanding (vidi) dengan kekompakan dan kolektivitas plus keberuntungan, kami menang (vici) dengan segala kerendahan dan tetap hormati pihak lawan. Semoga ini bisa menjadi inspirasi AJ Lovers agar mampu meraih cita dan asa dengan segenap ikhtiar dan tawakkal. Bye….(aluk/2010)

1 komentar:

  1. http://my-little-imagine.blogspot.com/
    pak saya sayful alumni ptu
    pliss follow blog saya

    BalasHapus