Selasa, 21 September 2010

Sego Kurang di Desa Gurang

Hai AJ Lovers, nggak terasa majalah AJ udah sampai di edisi ke 21 (seperti abad ya…). Tapi kita-kita (kru AJ) nggak bakal berhenti untuk beri info yang hangat n pastinya nambahin bobot pengetahuan AJ lovers semua…. Kali ini Gresik Tempo Doeloe bakal mengulas asal usul of desa GURANG. Sudah pada pernah dengar gak???
Ukke deh,,, pasti sebagian besar masih tergolong asing dengan nama desa ini. No what-what! Desa GURANG termasuk dalam wilayah kecamatan Cerme kabupaten Gresik provinsi Jawa Timur pulau Jawa n pastinya Negara Indonesia (he..he… terlalu detail). Langsung saja ya…
Pada abad ke 2 sebelum masehi (lebihnya berabad-abad) ada sebuah pemukiman yang berpenduduk banyak, hidup rukun, dan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Pada suatu hari datang sebuah bencana yang menghancurkan desa tersebut. Keributan terdengar di mana-mana, semua orang berusaha menyelamatkan dirinya masing-masing. Tapi apa hendak dikata semua terjadi begitu tiba-tiba dan terlalu cepat. Guntur (nama bencana loh bukan nama orang atau semacam makanan) datang dan menghancurkan semua yang ada. Pepohonan yang ada tumbang semua. Rumah, hewan , bahkan manusia tergulung oleh tanah dan angin (kata narasumbernya sih gitu, mirip Tsunami kecil lah).
Dari peristiwa tersebut yang berhasil selamat hanya 4 orang. Mereka akhirnya pergi dan mencari tempat tinggal lain. Mereka tinggal di sebuah desa yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal mereka sebelumnya. Setelah mereka menikah mereka kembali ke desa tersebut dan menjadi sebuah keluarga. Penduduknya pun bertambah dan menjadikan desa ini ramai. Tapi hanya ada satu warung yang tersedia desa ini dahulunya dilanda bencana yang cukup dahsyat (seperti acaranya RCTI). Setiap ada orang yang beli makanan pasti nasinya kurang. Bahkan, meskipun porsi masakan (nasi) sudah ditambah tetap saja kekurangan nasi (aneh juga ya? Siapa yang makan? Jangan-jangan!) Karena hal tersebut daerah yang baru ditempati itu dinamakan desa GURANG dari kata sego kurang. Nah sudah tau kan???ternyata begitu berat kehidupan orang-orang dahulu. Meskipun cara penyampaiannya gak terlalu menarik dan terkesan mbulet tapi moga teman2 dapat memaklumi karena cerita ini dari mulut ke mulut jadi agak semrawut, hehehe…
Sekadar info tambahan nih buat temen2… desa ini sudah ada sebelum Negara Belanda n Jepang datang loh. Ketika Setan bernama Penjajah datang ke kawasan Jawa Timur, termasuk desa Gurang,orang-orang di desa tersebut mengungsi ke desa Dungus, Karangan dan Amburan untuk menggalang kekuatan bersama. Setelah keadaan aman terkendali mereka kembali ke kampong masing-masing sampai sekarang. So… thanks untuk para pahlawan!!! Semoga cerita ini mendatangkan manfaat, syukur-syukur AJ Lovers bisa menulis asal usul desa tempat kalian dan kirim via email ke alukboy@yahoo.com Kalau menarik pasti dimuat. Thank’s n bye….


By : Ni_deal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar