Selasa, 21 September 2010

Jurus Lampah Sang Pepunden (Desa Lampah)

Hey…hey AJ lovers , untuk edisi kali ini, this time for lampah untuk membagikan kisahnyadi grissee tempo doeloe. Eits… tapi tunggu dulu udah pada tahu nggak sich Lampah tu di mana? Mari kita berkenalan. Lampah terletak di sebuah kawasan kecil nan jauh dari kutub utara he…he…tepatnya di kecamatan Kedamean yang masuk wilayah kabupaten Gresik.
Gimana sich asal muasal desa lampah terbentuk ? Desanya udah ada Cuma namanya yang full story. Check this….
Once upon a time di zaman dahulu kala pada abad ke 20 sebelum masehi (he…he…kejauhan kali, maksudnya pada zaman penjajahan Belanda) Lampah merupakan sebuah tempat perbelanjaan (kayak mall, distro, mini market dsb ups maksudnya pasar) yang di kuasai oleh Belanda
Setiap panen penduduk dipaksa untuk menyerahkan sebagian besar hasil panennya kepada Belanda , jika ada salah seorang yang menolak maka sawah mereka akan di hancurkan (ih,…kejamnyaaaa!).
Lama kelamaan penduduk tidak tahan dengan ulah Belanda yang semena-mena, merekapun melakukan perlawanan dan Belanda mengeluarkan ultimatum serupa SUPERSEMAR (ih, lebay) kepada penduduk (he…he… keren bukan) dengan memBOM desa tersebut (duarrrrrrrr…) agar penduduk kembali tunduk. Akibat dari aksi tersebut, terbentuklah sebuah kubangan besar yang sekarang menjadi sebuah telaga desa Lampah akibat letusan BOM tersebut (kayak kota Hirosima n Nagasaki nich di Jepang yang di bom atom sekutu?!@!?)
Karena peristiwa ini salah seorang pepunden desa marah besar.dia bertapa 7 hari 7 malam untuk mendapatkan ilmu yang tepat dan sakti bin ampuh agar dapat melawan Belanda dan mengusirnya dari bumi pertiwi. Akhirnya sang pendekar mendapat jurus andalan “ LAMPAH LUMPUH” yang mampu melenyapkan dan melumpuhkan tentara Belanda dari desa tersebut. Sehingga Penjajah pergi dari wilayah Lampah.
Untuk merayakan kemenangan tersebut para penduduk membangun sebuah tugu pahlawan (yang nggak kalah hebat dengan yang ada di Surabaya) dan menamai desa ini dengan nama “LAMPAH”. Nama tersebut terkait dengan jurus andalan sang pepunden. Jangan lupa itu, bukan dari bahasa Jawa semisal MeLAMPAH (berjalan).
Ups … abis dech ceritanya … sekarang uda taukan asal muasal desa lampah terbentuk. Semoga bisa menjadi inspirasi bahwa nama sesuatu itu tidak asal ceplas-ceplos tapi pasti punya sejarah yang layak untuk dihargai dan dikenang. Jika ada salah – salah kata n ucap mohon di maapkan. Jumpa lagu pada Gresik Tempo Doeloe yang lebih aktual, tajam, dan terpercaya (seperti iklan acara berita TV aja). wassalamu’alaikum wr.wb.
By 3tik ki 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar